Cegah Covid-19, PWNU Gencar Salurkan Bantuan Aromaterapi ke RSNU

oleh
Tim Satgas Tanggap Covid-19 PWNU Jatim Saiful Amin, saat memperlihatkan fungsi aromaterapi pelega pernafasan Plossa ke Direktur RSI Surabaya A. Yani dr Samsul Arifin MERS, Senin (6/7/2020).

SURABAYA – Tim Satgas Tanggap Covid-19 PWNU Jawa Timur bersama sejumlah donatur terus bergerak memberikan bantuan ke sejumlah tempat. Kali ini, bersama PT Sari Enesis Indah, memberikan bantuan berupa aromaterapi pelega pernafasan dan lotion anti nyamuk ke Rumah Sakit Islam (RSI) A. Yani Surabaya, Senin (6/7/2020).

Dua jenis bantuan tersebut diharapkan mampu membantu rumah sakit untuk ikut serta mecegah, sekaligus memperingan pasien yang terinfeksi virus Covid-19. Pasalnya aromaterapi pelega pernafasan Plossa dalam bentuk inhaler ini, memiliki kandungan herbal yang dinilai mampu mencegah penyebaran virus. Sedangkan untuk lotion Soffell bisa mencegah gigitan nyamuk aides aigepty, yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah.

Koordinator Lapangan dan Relawan Satgas Tanggap Covid-19 PWNU Jatim, Saiful Amin mengatakan, dua jenis bantuan ini untuk sementara, akan kita berikan kepada sejumlah Rumah Sakit NU (RSNU) dan pondok prsantren di Jatim. Sebelumnya, lanjut Amin, pihaknya telah memberikan bantuan ke RS Siti Hajar Sidoarjo dan Ponpes Miftachussunnah Surabaya.

“Alhamdulillah, bersama PT Sari Enesis, kita bisa membantu pemerintah untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19,” terang Amin yang juga Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Jatim.

Tidak hanya itu, Amin juga menambahkan, dipilihnya rumah sakit sebagai tempat penyaluran bantuan ini, lantaran sejauh ini masih banyak para medis, baik dokter maupun perawat yang terinfeksi virus corona. Bahkan beberapa dokter dan perawat diketahui ada yang sampai meninggal karena Covid-19. “Ini yang membuat kita tergerak memilih rumah sakit sebagai penerima bantuan. Disamping bisa bermanfaat untuk para medis, juga bisa diberikan kepada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit setempat,” ujarnya.

Sementara itu, Brand Activity Executive (BAE) East Java PT Sari Enesis Indah, Minggus Hadinata mengatakan, bantuan ini juga bagian dari kepedulian PT Enesis terhadap Nakes yang dalam beberapa bulan terakhir banyak yang terinfeksi virus corona. “Ikhtiar kami. Mungkin dengan inhaler ini, para Nakes bisa terhindar dari virus corona,” harapnya.

Di samping itu, Minggus mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker dan protokol kesehatan lainnya. “Bagi yang menggunakan masker bisa menggunakan aromaterapi pelega pernafasan plossa diluar kain masker. Cukup oles tiga kali, orang bisa merasakan segarnya aromaterapi yang bisa melegakan pernafasan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Direktur RSI Surabaya A Yani, dr Samsul Arifin MERS mengapresiasi tim Satgas Tanggap Covid-19 PWNU Jatim bersama PT Sari Enesis Indah, yang ikut serta membantu pencegahan penyebaran Covid-19. Menurutnya, dua jenis bantuan yang diberikan kepada RSI cukup penting bagi nakes, dan penderita virus corona.

Apalagi, lanjut Samsul, saat ini terdapat puluhan tenaga kesehatan (Nakes) yang terinfeksi virus Corona. “Ada sepuluh Nakes kita yang positif, dan semua menjalani karantina,” terangnya.

Ia menambahkan, aromaterapi pelega pernafasan plossa cocok untuk pencegahan bagi pegawai RSI A. Yani, sedangkan untuk soffell bisa dipakai untuk pencegahan demam berdarah. “Saat ini banyak penderita DBD yang mudah terserang Covid-19. Beberapa pasien DBD yang kita tangani, ketika dilakukan cek kesehatan ternyata juga terpapar Covid-19,” kata Samsul.

Karenanya, Samsul mengingatkan kepada masyarakat untuk juga waspada terhadap nyamuk DBD. “Yang penting sekarang jaga kebersihan, pola makan yang sehat, dan minum vitamin, serta ikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Insyaallah kita akan terhindar dari penyakit,” pungkasnya. * sir