Siap Bersaing: Guru SMK Abdurrahman Wahid Perkuat IT

Lamongan, AULA – Untuk melahirkan siswa siswi yang kreatif, pasti membutuhkan guru-guru yang kreatif pula. Demikian yang dilakukan oleh para guru di SMK Abdurrahman Wahid (SMK AW) Banjarmadu Karanggeneng Lamongan. Melakukan banyak inovasi pembelajaran di sekolah ini, dengan membuat beberapa program terkait Ilmu Teknologi (IT).

Nurul Miftakhul Nudin SPdI sebagai Tim IT dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMK AW  menuturkan, untuk mengejar kemajuan teknologi para guru sudah membuat program Inovasi Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti (PAIBP) SMK AW. Didalamnya terdapat review fitur-fitur Aplikasi Belajar Agama Islam Siswa (ABA ISA) berbasis android, yang dibuat oleh KKG PAIBP SMK AW.

Aplikasi Belajar Agama Islam Siswa (ABA ISA) adalah aplikasi android yang disusun oleh MGMP PAIBP SMK Abdurrahman Wahid. Aplikasi ini secara khusus diperuntukan bagi siswa-siswi SMK AW agar dapat melakukan pembelajaran secara mandiri kapanpun dan di manapun melalui android secara online.

“Dengan aplikasi ini siswa-siswi SMK AW akan mendapatkan materi-materi Pembelajaran Agama Islam sesuai dengan kompetensi dan berdasarkan Islam Ahlusunah Wal Jama’ah (NU), dengan harapan mereka bisa lebih memahami Islam yang moderat (non radikal),”tuturnya.

“Jadi fitur-fitur yang ada itu menunjukan tujuannya, bapak dan ibu guru bisa memantau sejauh mana anak-anak melaksanakan belajar mandiri di rumah,”lanjutnya.

Menurut Nurul, aplikasi ini masih baru berjalan, tetapi masih banyak kekurangan di dalamnya. Masih memerlukan banyak penyempurnaan. Agar bisa lebih mudah digunakan oleh pada guru. “Insyaallah kalau ada ide-ide dan gagasan dari teman-teman guru kita langsung melakukan perbaikan,”imbuhnya.

Fitur-fitur yang ada di dalam program ini diantaranya, KI KD memuat Kompetensi Inti & Kompetensi Dasar yang harus dikuasai siswa sesuai dengan panduan kurikulum, Konten Materi memuat tentang materi-materi Pendidikan Agama Islam baik materi berupa teks maupun audio visual, Soal Latihan memuat tentang soal-soal latihan sesuai dengan materi yang diberikan, dan Grup Diskusi yaitu suatu forum atau grup untuk diskusi antar siswa & guru PAI.

“Selain ke 4 fitur tersebut, ABA ISA juga menyediakan fitur Al-Qur’an Online (Departemen Agama), Ketentuan Belajar, Absensi Online, Informasi Nilai, Daftar Hadir Siswa dan Informasi Jadwal Pelajaran daring maupun luring,”ceritanya.

Tujuan awal dibuat aplikasi ini untuk pembelajaran mandiri siswa dimanapun dan kapanpun. Kemudian berkembang menjadi sebuah aplikasi yang menyediakan informasi akademik, layaknya Sistem Informasi Akademik dan Pengelolaan Informasi Akademik (SIAKAD) yang ada di perguruan tinggi.

“Harapanya kegiatan ini bisa terus terlaksana, dengan memenuhi standar kebutuhan dunia pendidikan. Agar guru-guru semakin terpacu untk berinovasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,”pungkasnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

TERPOPULER

TERBARU

AMTV CHANNEL

AULA CHANNEL