Gempa Malang 6.7 SR Rusak Sebagian Rumah Warga Lumajang

 

Setelah bencana Erupsi Gunung Semeru, warga Lumajang Kembali digemparkan dengan guncangan gempa berkekuatan Magnitudo:6.7, Lokasi:8.95 LS,112.48 BT (90 km Barat Daya Kabupaten Malang Jawa Timur. Dengan kedalaman 25 Km (Sumber BMKG), yang menimpa laut selatan Malang. Gempa yang tidak berpotensi Tsunami ini dirasakan di Sebagian wilayah Jawa Timur seperti, Malang, Blitar, Lumajang, Pasuruan, Tulungagung hingga Surabaya. Guncangan pertaman terjadi pada 10 April pukul 14.00-hingga 15.00 Wib.

A Ridwan Ketua Pengurus Cabang Lembaga Bantuan dan Bencana (PC LPBI NU) Kabupaten Lumajang mengatakan, gempa yang juga menimpa wilayah Kabupaten Lumajang ini, mengakibatkan terjadinya kerusakan di beberapa tempat. Seperti di Dusun Jagokereng ada 14 rumah rusak berat, 28 rumah rusak sedang, dan 13 rusak ringan.

“Selain di Jagokereng, dusun lain seperti Dusun Jograng, Manggisan, Sidomulyo, Oro-oro Ombo, Desa Tempursari, Kali Oleng dang beberapa daerah lainya juga mengalami guncangan yang cukup kuat, bahkan ada juga korban jiwa akibat gempa ini,”akunya.

Ridwan menyatakan laporan sementara, di Desa Supit urang Di piket nol, ada korban gempa tertimpa batu, yaitu pasutri saat melakukan perjalanan arah ke Lumajang. Inisial AM meninggal di tempat dan Istri meninggal inisial B.SY saat di perjalanan RSUD Haryoto asal RT.002/RW.002 Desa Tempurejo.

Saat ini para panitia tanggap bencana membuka posko NU peduli gempa Kab.Lumajang di Kantor MWC NU kec.Pronojiwo, POS NU peduli Gempa Lumajang di Kantor MWC NU Pronojiwo Rt.004/ Rw.002,Dsn.Jagokereng, Desa Tamanayu, Kec.Pronojiwo, Kab.Lumajang.

Penyaluran donasi juga bisa melalui MWC NU kec.Pronojiwo dengan Nomor rekening Bank Jatim 0432106900,  LPBI NU Lumajang No.Rek BNI 3456777703 PC Lazisnu Lumajang Infaq/shadaqah No.Rek BRI: 0044 01 073837 50 3 Jatim : 0093016386 atau bisa melalui Nara Hubung 6202236590774 Ridwan/LPBI NU.

“Kebutuhan mendesak warga saat ini adalah tenda terpal untuk hunian, Sembako, Selimut, dan lain sebagainya. Sebagian warga masih mengungsi disebabkan kekhawatiran adanya gempa susulan, dan demi kemanan,”paparnya

Saat ini para relawan membantu masyarakat untuk membersihkan puing-puing rumah serta mendirikan tenda pengungsian di depan rumah warga khususnya di Dusun Jagokereng, Desa Tamanayu, Kec.Pronojiwo,Kab.Lumjang.

“Warga sementara bersih-bersih puing-puing bangunan di rumah masing-masing dan mendirikan tenda ngungsi untuk hunian sementara dekat depan-belakang atau kanan-kiri rumahnya karena ada kekhawatiran ada gempa susulan. Semoga musibah ini segera berakhir dan tidak ada lagi korban jiwa,”pungkasnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

TERPOPULER

TERBARU

AMTV CHANNEL

AULA CHANNEL