NU Jatim Serukan Warga Nahdliyin Baca Qunut Nazilah dan Hizib Nashor untuk Palestina

Surabaya, AULA – Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuqi Mustamar mengecam aksi penyerangan polisi Israel kepada warga Palestina saat menjalankan ibadah tarawih di Masjid Al –Aqsa pada Jumat 7 Mei 2021.

Selain menyerukan kecaman itu, NU Jatim juga mengajak seluruh warga nahdiyin untuk membaca Qunut Nazilah dan Hizin Nashor di sisa bulan puasa ini.

“Ini sebagai bentuk solidaritas, memohon pertolongan dari Allah Swt agar Palestina khususnya dan juga dunia dapat tercipta situasi yang damai,” ujarnya dikutip dari Antara, Minggu 9 Mei 2021.

Sementara Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib menambahkan mengecam sekaligus mendesak pemerintah Indonesia melakukan protes keras ke Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) agar supaya Israel segera mendapat sanksi internasional.

“Nahdlatul Ulama mengutuk dan mendesak pemerintah untuk melakukan protes resmi ke PBB,” tegas Pengasuh Pesantren Denanyar Jombang itu.

Dari peristiwa bentrokan tersebut ada ratusan orang terluka dalam kejadian di komplek Masjid Al-Aqsa. Mengutip dari Reuters, sedikitnya 205 warga Palestina dan 17 aparat keamanan Israel luka-luka akibat bentrokan tersebut. Dinas ambulans Bulan Sabit Merah Palestina mengungkapkan 108 dari warga Palestina yang luka-luka dilarikan ke rumah sakit, banyak dari mereka yang kena tembak peluru logam berlapis karet.

Seruan untuk menahan diri bagi kedua pihak telah dilontarkan Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa Bangsa, sementara Uni Eropa dan Yordania menyatakan keprihatinan atas situasi yang memanas terkait ancaman pengusiran pada warga Palestina.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

TERPOPULER

TERBARU

AMTV CHANNEL

AULA CHANNEL