Banyak Makan Daging Kurban, Ini 7 Cara Aman dari Kolesterol

AULA – Umat Islam memasuki hari raya Idul Adha pada Selasa 20 Juli 2021. Dan selama hari tasyrik yakni 11, 12 hingga 13 Dzulhijjah 1441 Hijriah, akan menyembelih hewan kurban. Perlu diketahui, daging kurban yakni sapi dan kambing dipercaya dapat menaikkan kadar kolesterol. Meski demikian, bukan berarti anda yang takut dengan hal ini, tak bisa menyantapnya.

Terdapat banyak siasat yang bisa dilakukan agar daging kurban tetap dapat dinikmati. Salah satunya ialah dengan mendampinginya dengan makanan yang ampuh menetralisir kolesterol dalam tubuh. Apa sajakah itu?

Melansir dari Science Daily dan Medical News Today sebagaimana dikutip Tempo, berikut adalah empat di antaranya.

  1. Daun suji

Berdasarkan buku berjudul Apotik Herbal di Sekitar Anda, daun suji mengandung saponin yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup menyiapkan lima lembar daun suji.

Cara membuat obat herbal untuk kolesterol dari daun suji cukup mudah. Anda cuci lalu rebus daun suji dengan dua gelas air. Anda rebus daun suji sampai mendidih dan menyisahkan air setengahnya. Anda minum air rebusan daun suji tiga kali sehari secara rutin.

  1. Alpukat

Alpukat dipercaya mampu melawan sindrom metabolik. Hal ini termasuk dalam kelompok faktor risiko kolesterol, gula darah dan tekanan darah tinggi, hingga meningkatnya indeks massa tubuh.

Para peneliti dari Iran menuturkan bahwa alpukat memiliki efek yang paling menguntungkan profil lipid, yakni mengubah kolesterol low-density lipoprotein (LDL), high-density lipoprotein (HDL), trigliserida, kolesterol total, dan fosfolipid. Jadi sekarang, usai mengkonsumsi daging kurban, segera netralisirkan dengan makan alpukat.

  1. Cabai

Zat capsaicin yang terkandung di bagian biji dan serat putih dalam cabai bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga mencegah munculnya sel kanker.

Oleh karena itu, American Dietetic Association pun menyarankan untuk mengkonsumsi cabai dalam bentuk segar dan bukan yang dikeringkan atau berupa cabai bubuk. Ini pun bisa dicampurkan pada daging kurban yang akan disantap.

  1. Yogurt

Yogurt bermanfaat bagi kesehatan tubuh mulai dari membantu menurunkan kadar kolesterol hingga diabetes melitus tipe dua.

Tak heran, spesialis gizi ahli gizi dari Loyola Marymount University Athletic Amerika Serikat, Emily Mitchell mengatakan bahwa konsumsi yogurt dapat dilakukan setelah makan, karena membantu menurunkan kolesterol. Dia juga mengungkapkan bahwa yogurt dapat menjadi cemilan sehat karena mencukupi kebutuhan kalsium dan menjaga pencernaan anda.

  1. Buah Naga

Buah naga juga dipercaya dapat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Sebuah studi dalam jurnal Pharmacognosy Research pada 2010, menemukan, konsumsi buah naga bisa menurunkan risiko berkembangnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Sehingga baiknya, anda bisa membuat buah naga sebagai makanan penutup usai mengkonsumsi daging kurban.

  1. Daun salam

Daun salam mengandung flavonoid dan antioksidan yang bermanfaat mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup menyediakan 15-20 lembar daun salam dan 100 gram kulit polong kacang tanah.  Anda cuci bersih semua bahan lalu rebus dengan 800 ml air sampai mendidih dan menyisahkan 400 ml air.  Anda minum air rebusan daun salam tersebut 2-3 kali sehari.

  1. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang berperan menghambat pembentukan kolesterol. Tidak hanya itu, bawnag putih juga memiliki efek farmakologis antiinflamasi, yang bisa menghambat peningkatan kadar LDL (koelsterol jahat).

Untuk merasakan manfaatnya, Anda blender 1 buah bawang bombai, 2 siung bawang putih, dan 7-10 lembar daun sambung nyawa. Setelah semuanya tercampur halus, Anda saring dan minum airnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

TERPOPULER

TERBARU

AMTV CHANNEL

AULA CHANNEL

AMTV Live
BolaMakanBola
Aulanews
E-Harian