Soal Muktamar Ke 34 NU, Ini Respon Ketua PWNU Jabar

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah setuju jika pelaksanaan Muktamar ke 34 NU diselenggarakan pada tanggal 23-25 Desember 2021. Menurut dia, kegiatan lima tahunan itu perlu dilaksanakan mengingat itu adalah agenda wajib NU.

Pria yang akrab disapa Hasan ini masih enggan untuk membahas soal kandidat-kandidat calon ketua umum. Tetapi dia meyakini apapun hasil di Muktamar nanti diharapkan bisa membawa manfaat yang lebih besar kepada masyarakat.

“Kita berharap muktamar bisa menghasilkan gagasan yang brilian untuk bisa dirasakan oleh masyarakat, khususnya warga NU sehingga keberadaan organisasi ini terasa di warga NU sendiri dan secara umum oleh bangsa dan negara,” ungkapnya.

Menurut survey Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) calon Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pada posisi pertama muncul nama Ketua PWNU Jawa Timur, Marzuki Mustamar, sementara petahana Said Aqil pada posisi ketiga.

Dilansir dari Detik.com,  survei calon Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pada posisi pertama muncul nama Ketua PWNU Jawa Timur, Marzuki Mustamar, sementara petahana Said Aqil pada posisi ketiga.

Survei ini dilakukan pada 23 Maret-5 April 2021. Basis sampel adalah 1.200 responden, dengan margin of error 3% dan tingkat kepercayaan 95%. Sebanyak 30,2% total responden berasal dari segmen masyarakat yang merasa memiliki kedekatan dengan NU.

Berikut ini hasil survei itu:

1. KH Marzuki Mustamar (Ketua PWNU Jawa Timur) 24,7%
2. KH Hasan Mutawakkil Alallah 22,2%
3. KH Said Aqil Siroj 14,8%
4. KH Bahaudin Nursalim atau Gus Baha 12,4%
5. KH Yahya Cholil Staquf 3,7%
6. KH Marsyudi Syuhud 1,2%
7. KH Ahmad Fahrur Rozi Burhan 1,2%
8. KH Ali Maschan Moesa 1,2%
9. Tidak Tahu/Tidak Jawab 18,5%

Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam mengatakan temuan survei itu memang memiliki sejumlah catatan. Dari hasil crossed-tabulasi asal responden, kata Umam, angka-angka dukungan warga nahdliyin terhadap nama-nama tokoh dalam survei ini dipengaruhi oleh lebih terbukanya dukungan warga nahdliyin dari basis wilayah Jawa Timur.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

TERPOPULER

TERBARU

AMTV CHANNEL

AULA CHANNEL

AMTV Live
BolaMakanBola
Aulanews
E-Harian