5 Makanan Sehat 'Penghangat' Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan


AULA – Musim hujan telah tiba, orang akan memiliki kecenderungan makan yang meningkat dibanding sebelumnya. Secara fisiologis, makan membantu menghangatkan tubuh karena terjadi sedikit peningkatan metabolisme. Meskipun suhu tidak terlalu rendah, otak sebenarnya memberi sinyal bahwa hujan berarti dingin dan tidak nyaman sehingga memicu kita untuk mencari sesuatu yang hangat dan menyenangkan untuk dimakan.

Tidak sembarang makanan, Anda perlu memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membuat Anda tetap aktif sepanjang hari. Dilansir dari Indiatoday.in berikut adalah makanan yang dapat menghangatkan tubuh.

  1. Bawang: Umumnya bawang putih digunakan sebagai bumbu masakan. Ternyata, bumbu dapur ini menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya manfaat bawang putih yaitu menghangatkan daya tahan tubuh. Anda dapat mencampurnya ke dalam makanan seperti sup, dan salad.
  2. Jahe: jahe dikenal membantu meningkatkan metabolisme dan memperlancar aliran darah. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan cara mencampurkan jahe ke dalam air hangat, susu atau teh agar lebih bermanfaat.

  1. Madu: Madu dipercaya dapat menyembuhkan masalah pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, baik untuk kulit, dll. Konsumsi madu dapat menjadikan tubuh Anda hangat di musim Madu mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.
  2. Buah-buahan kering: Buah-buahan kering seperti aprikot, buah ara kering, kurma, almond, kacang mete dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi pada musim dingin. Buah tersebut dapat memberikan kehangatan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Buah kering, secara alami kaya nutrisi, serat makanan, dan vitamin.
  3. Shalgam (Turnip): Sayuran umbi-umbian seperti lobak, dan ubi jalar adalah makanan enak dikonsumsi pada musim dingin. Manfaat dari sayuran ini dikenal dapat memberikan energi pada tubuh, menjaga kehangatan tubuh.  Sayuran umbi-umbian membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, karenanya jenis sayuran itu menghasilkan lebih banyak panas. Cara mengkonsumsinya,  Anda bisa mencampurkan sayuran pada sup hangat, sajikan untuk makan malam dan hiasi dengan sayuran hijau lainnya.

 


Editor :lina