Satgas Covid-19 NU Jatim Bantu Veteran Atasi Kesulitan Ekonomi


Sekretaris NU Care LAZISNU Jatim Moch Rofi’i Boenawi menyerahkan bantuan simbolis paket sembako ke veteran.

SURABAYA – Pandemi Covid-19 belum kunjung tuntas. Banyak masyarakat yang masih belum bisa melakukan aktifitasnya. Apalagi seorang Veteran pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia yang usianya sudah memasuki lansia (Lanjut Usia). Tidak sedikit para janda Veteran juga terkena dampak dari Pandemi Covid-19 ini. Mereka belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah selama masa Pandemi Covid-19 ini.

Melihat itu, Satuan Tugas (Satgas) NU Jatim Tanggap Covid-19 kembali mendistribusikan paket sembako melalui NU Care LAZISNU Jawa Timur. “Kami mendistribusikan 100 Paket Sembako kepada para Veteran dan janda Vetaran yang bergabung dalam Korps Cacad Veteran RI Kota Surabaya,” kata Moch Rofi’i Boenawi Sekretaris NU Care LAZISNU Jawa Timur setelah membagikan paket sembako di Graha Tumbal Negara Kecamatan Pakal Kota Surabaya, Selasa (28/7/2020).

Rofi’i Boenawi mengatakan kondisi Veteran butuh diperhatikan, banyak para Vetaran dan janda Veteran yang tidak lagi bekerja, hanya bisa mengandalkan bantuan dari pemerintah. “Kondisi Covid-19 seperti ini, perekonomian terus melemah, termasuk apa yang dialami oleh para Veteran,” kata pria Alumnus PP Al Khoziny Sidoarjo ini.

Perjuangan Vetaran yang terlibat dalam peperangan untuk mempertahankan NKRI ini di masa tuanya harus mendapatkan perhatian, mengingat jasa mereka begitu besar. “Vetaran ini adalah orang tua kita yang turut serta dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, kini di hari tuanya belum mendapatkan ganjaran yang setimpa di hari tuanya,” kata Rofi’i Boenawi yang juga Dosen STAI Al Azhar Menganti Gresik ini.

Ismoenandar, Ketua Korps Cacad Veteran RI Kota Surabaya mengatakan merebaknya Pandemi Covid-19 sebuah kekuatan raksasa mendorong terciptanya degradasi moral bangsa di dunia termasuk di Indonesia. “Pandemi ini melumpuhkan kekuatan bangsa Indonesia, terutama di sisi perekonomian,” kata Ismoenandar Verteran yang kini berusia 90 lebih dengan suara berbata-bata.

Selain itu, Ismoenandar mengucapkan terimakasih kepada NU Care LAZISNU Jawa Timur yang telah memberikan bantuan sembako kepada para veteran dan janda veteran. Menurut Ismoenandar para janda Vetaran ini perlu diperhatikan. “Saya ini sudah tua, aktivitas hanya seperti ini (di kursi roda), sudah tidak bisa angkat senjata seperti 70 tahun lalu,” terangnya Ismoenandar. * rof


Editor :Mohammad Nasir