Malam Ini, PP GP Ansor dan Ribuan Banser Peringati Maulid Nabi dan Hari Pahlawan di Pekalongan


Banser dari berbagai daerah saat mengikuti apel.

PEKALONGAN–Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dari berbagai daerah di Indonesia, bakal tumplek blek di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (22/11/2018) malam ini. Diperkirakan 100 ribu Banser bakal menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sekaligus Hari Pahlawan yang diadakan PP GP Ansor.

“Ansor dan Banser dari berbagai daerah akan berkumpul di Alun-Alun Kajen, Pekalongan untuk memperingati Maulid Nabi dan Peringatan Hari Pahlawan 2018,” kata Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pekalongan M. Azmi Fahmi, Kamis (22/11/2018).

Ia menjelaskan, hingga saat ini semua persiapan sudah mencapai 90 persen. Baik keamanan, area parkir, hingga perlengkapan. “Karena pelaksanaan kegiatan pada malam hari, tentunya kami berharap acara berjalan secara kondusif dan mudah-mudahan selama acara berlangsung tidak hujan,” harap Fahmi.

Selain dihadiri ratusan ribu anggota Ansor dan Banser dari berbagai daerah, acara peringatan maulid dan Hari Pahlawan akan dihadiri beberapa tokoh penting. Di antaranya Rais Am Idarah Aliyah Jami’yyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) Habib Luthfi bin Yahya, Kapolda Jateng, Pangdam IV/Dponegoro, Panglima TNI, jajaran pengurus NU dan Badan Otonom NU se-wilayah Jawa Tengah. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga dijadwalkan hadir.

Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Pekalongan M Fatkhurrahman menambahkan, acara ini akan diawali dengan apel siaga Banser yang digelar pada sore hari, mulai pukul 15.00-17.00 WIB. Dalam apel tersebut, akan diisi pengarahan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Dari Kota Pekalongan akan mengerahkan sebanyak 400 persoil Ansor dan Banser dan sebelum berangkat anggota Banser akan bantu Polres mengatur arus lalu lintas peserta yang masuk Pekalongan dari wilayah Timur,” ujarnya.

Dikatakan, untuk kendaraan pribadi akan diarahkan dari Ponolawen menuju Kedungwuni dan finish di Kajen sedangkan untuk kendaraan besar seperti bis akan diarahkan lewat Wiradesa dan finish Kajen. * sir, tmn, nuo

 

 


Editor :redaksi