Masjid Tangguh Al Badar Bisa Jadi Role Model Pencegahan Covid-19


Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Jhony Edison Isir bersama Ketua DMI Surabaya Arif Afandi melakukan dialog dengan takmir masjid dan para jamaah.

SURABAYA- Gerakan Masjid Tangguh Pencegahan Covid-19 kerjasama Polrestabes dan DMI Kota Surabaya terus berlanjut. Jumat, 14 Agustus 2020, sosialisasi Masjid Tangguh Wani Jogo Suroboyo berlangsung di Masjid Al Badar Kerto Menanggal.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Jhony Edison Isir bersama Ketua DMI Surabaya Arif Afandi melakukan dialog dengan takmir masjid dan para jamaah. “Kami ingin masjid menjadi role mode pencegahan Covid-19 di Surabaya,” kata Isir dalam sambutannya, usai salat Jumat.

Ketua DMI Surabaya Arif Afandi sempat menjadi khatib salat Jumat di Masjid Al Badar. Dalam khotbahnya, dia menyampaikan pentingnya masjid dan umat Islam untuk menjadi best practices atau uswatun khasanah dalam penerapan norma baru dalam menghadapi pandemi.

Ketua Takmir Masjid Al Badar, Purwaji dalam dialog dengan Kapolrestabes Isir mengungkapkan, jika masjidnya sejak awal sudah menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari jaga jarak antar jamaah, pengecekan suhu badan, dan harus menggunakan masker.

“Setiap Jumat pagi secara rutin telah dilakukan penyemprotan disinfektan. Ini hasil kerjasama dengan kelurahan dan bantuan PWM Jatim,” katanya. Yang dimaksud PWM adalah kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yang ada di sebelah masjid.

Dalam kesempatan tersebut, Isir berterima kasih kepada takmir masjid yang telah menjadi masjid tangguh dan menerapkan protokol kesehatan sejak pandemi. “Kerjasama yang bagus seperti ini yang bisa memutus mata rantai penularan Covid-19,” katanya.

Ia pun mengungkapkan bahwa hasil kerja bersama antarsemua elemen masyarakat, termasuk masjid ini menunjukkan hasil yang baik. Saat ini, Surabaya sudah turun statusnya dari zona merah menjadi zona orange. Ini kabar menggembirakan meski bukan akhir.

Setiap Jum’at, bekerjasama dengan DMI Kota Surabaya, Kapolrestabes safari ke masjid-masjid. Demikian juga jajaran Polrestabes lainnya. Mereka dibagi ke beberapa masjid untuk mensosialisasikan masjid tangguh. Gerakan ini berlangsung sejak PSBB Surabaya masih berlaku.

Selain di Masjid Al Badar, sosialisasi gerakan Masjid Tangguh juga dilaksanakan di Masjid Marsu’ah Ploso, Surabaya yang dihadiri oleh Wakapolrestabes Surabaya.

Disamping melakukan sosialisasi, Kapolrestabes Isir juga memberikan bantuan ke masjid untuk kebutuhan masjid tangguh. Di Masjid Al Badar, ia hadir didampingi Kasat Binmas AKBP Fathoni dan Kapolsek Gayungan Maryadi. * mil


Editor :Mohammad Nasir