NU Care-Lazisnu Blitar Gandeng Komunitas Ngontel Salurkan Sembako


NU Care-Lazisnu Blitar bersama Komunitas Gowes memberikan paket Sembako di pantai Pangi.

BLITAR – Berbagai kegiatan dilakukan NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Blitar, untuk mengingatkan warga akan pentingnya pola hidup sehat. Salah satunya dengan bersepeda.

Bersama dengan Komunitas Ngontel di Blitar, NU Care-Lazisnu Blitar menggelar kegiatan ngontel bareng, yang disisipi dengan aksi sosial bagi-bagi sembako. Acara yang digelar di Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, ini diprakarsai NU Care-Lazisnu Blitar.

“Kegiatan ini atas inisiatif NU Care-LAZISNU Kabupaten Blitar bersama Komunitas Gowes Blitar dalam rangka mensosialisasikan hidup sehat,” kata Efendi Pratama, Koordinator Gowes Amal, Senin (13/7/2020).

Acara dengan tema Gowes Bareng Nom-noman Graha NU dan Bakti Sosial dan Pembagian Paket Sembako tersebut dipusatkan di Pantai Pangi, Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung. Kegiatan dimulai dengan doa bersama di halaman Gedung Graha NU Kabupaten Blitar, dan dilanjutkan gowes sekitar 2 jam perjalanan. Rute yang ditempuh sekitar 35 kilo meter tersebut memang berakhir di pantai Pangi.

Kegiatan gowes amal ini diadakan kali pertama untuk internal yang menempuh jarak ekstrem. Mengapa diadakan, karena ingin mengajak masyarakat selain untuk kesehatan dengan bersepeda, juga mencari berkah lewat beramal.

“Kita tahu harga sepeda ontel sekarang ada yang lebih mahal daripada motor, ataupun kambing. Kita di sini memprakarsai untuk terus beramal bagi yang mampu,” katanya.

Selama kegiatan berlangsung, gowes amal NU Care-LAZISNU dilakukan dengan menyalurkan paket sembilan bahan pokok atau Sembako. Semua diberikan kepada sejumlah pedagang kecil dan warga di area pantai Pangi.

Beberapa pedagang dan warga yang menjadi sasaran gowes amal tersebut terlihat sangat bahagia dan menyampaikan terima kasih. Apa yang dilakukan komunitas gowes beserta NU Care-LAZISNU Blitar menjadi suntikan semangat karena kondisi perekonomian sedang lesu.

Dijelaskan Efendi, bahwa kegiatan semacam ini akan terus berlanjut, dan diharapkan dapat menularkan kebaikan kepada setiap komunitas gowes. “Jadi, kegiatan ini rencananya akan di lakukan setiap dua pekan sekali dengan rute yang nantinya berbeda,” pungkas Efendi. * mat, sir


Editor :Mohammad Nasir