PWNU Jatim Dukung Pelaksanaan Vaksinasi di Jatim


KH Marzuki Mustamar terima kunjungan Kapolda JatimSurabaya – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) mendapati kunjungan dari Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur pada Rabu, 13 Januari 2021.
Kunjungan itu dalam rangka sosialisasi sekaligus permintaan untuk turut mensukseskan pelaksanaan vaksinasi yang akan dilasanakan 1-2 minggu ke depan.

Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta menyampaikan pelaksanaan vaksinasi secara serentak dimulai pada besok Kamis, 14 Januari 2021.

“Saya sendiri akan melaksanakan bersama Bpk Panglima Kodam (pangdam), di Kantor Grahadi. Tujuannya apa? agar masyarakat mengerti, memahami bahwa, program vaksinasis ini program bagian pencegahan dan pengobatan. Sehingga masyarakat juga bisa vaksinasi,” ungkap mantan Kapolda Kalimantan Selatan sejak 1 Mei 2020 itu.

Nico menambahkan, Pencegahan dan penanggulangan covid-19 tidak berhenti pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau vaksinasi. Tetapi akan belanjut pada akhir tahun 2021.

“Maka, kita minta PWNU Jatim untuk bersama mensukseskan program-program penanggulangan covid ini. Dukungan PWNU Jatim dan Polda Jatim dirasa sangat penting. Sehingga kita harapkan tujuan kami ini bisa tercapai,” jelasnya.

Nico memastikan vaksin yang akan diberikan kepada tenaga medis, dan masyarakat aman, karena sudah ada intrumen dan lembaga yang sudah melakukan pengecekan. Seperti World Health Organization (WHO) sudah mengeluarkan aturan terkait pembuatan vaksin. Ada uji kelayakan 1, 2, dan 3, vaksin bisa dikeluarkan.

Sementara, dari pemerintah sudah ada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dinyatakan vaksin itu halal dan bisa digunakan.

Lantas Nico mencontohkan dari Presiden Joko Widodo yang rencananya akan divaksin hari ini.

“Hari ini beliau menjadi contoh bagi kita, yang diikuti Bpk Panglima TNI, Bpk Kapolri, tokoh agama dan tokoh agama yang lain. Ini memberi keyakinan pada kita mari kita laksanakan vaksinasi ini harapannya masyarakat bisa terlindungi,” tegasnya.

di tempat yang sama, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar mengungkapkan mendukung pelaksanaan vaksinasi di Jawa Timur. Menurutnya, selama ini NU bersama MUI dan pemerintah bersinergi dalam pencegahan dan penanggulangan covid-19.

“PWNU Jatim hari ini sudah mengedarkan seruan kepada NU ke bawah, sampek ke tingkat ranting, takmir masjid, ustadz, khatib, untuk mensukseskan program vaksinasi. Rujuan kita pada Fatwa MUI dan BPOM. Kita juga ada Batsul Masail, kiai merujuk berdasarkan dalil, jadi harus dilaksanakan,” kata Kiai Marzuki usai menerima kunjungan dari Kapolda Jatim di Kantor PWNU Jatim, Jl. Masjid Al Akbar Timur No 9 Surabaya.


Editor :lina