Ribuan Pesepeda Ngonthel Keliling Situbondo Pakai Sarung


Sejumlah pesepeda ngonthel keliling Kota Situbondo.

SITUBONDO – Sekitar 1.200 pesepeda dari berbagai daerah di Situbondo maupun luar daerah, ikut memeriahkan gowes bareng kelilingi Kota Situbondo, Sabtu (29/8/2020) pagi. Menariknya, para pesepeda ini gowes dengan mengenakan sarung, seperti layaknya santri.

Gowes bareng peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75, dan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjkasi) ke-200 tahun 2020 ini, digelar NU Cabang Situbondo dan PC Ansor setempat.

Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Situbondo Yogie Kripsian Sah mengatakan, tercatat sebanyak 1200 peserta yang mengikuti ngonthel sarungan, para peserta berasal dari sejumlah ranting NU, Ansor di Kabupaten Situbondo.

“Selain dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke-75. Namun, kegiatan ngonthel sarungan ini juga dalam rangka memperingati Harjakasi ke-200 Tahun 2020,” ujar Yogie Kripsian Sah, Sabtu (29/8/2020).

Yogie menambahkan, kegiatan ini juga untuk mengajak masyarakat untuk berolahraga, mengingat di masa pandemi virus corona atau Covid-19, masyarakat harus selalu meningkatkan imunitas tubuhnya dengan cara olahraga bersepeda.

”Sedangkan bersepeda mengenakan sarung. Itu dilakukan karena Situbondo indentik dengan sebutan Kota Santri, sehingga kami menggelar ngonthel dengan mengenakan sarung,” bebernya.

Pria yang akrab dipanggil Yogie menambahkan, jika kegiatan ngonthel sarungan ini tidak hanya diikuti oleh para pengurus ranting NU dan ranting GP Ansor. Namun, kegiatan ngonthel sarungan ini juga diikuti oleh para pengurus NU Cabang Situbondo.

”Yang pasti, kegiatan ini juga dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke-75 dan Harjakasi ke-200 tahun 2020,” pungkasnya. * fak


Editor :Mohammad Nasir